Launching SatuPEPI

Sejalan dengan grand design Reformasi Birokrasi tahun 2025, Aparatur Sipil Negara [ASN] menuju Dynamic Governance atau tata kelola pemerintahan yang dinamis, Politeknik Enjiniring Pertanian Indonesia [PEPI] dari Kementerian Pertanian  RI berupaya mengarahkan sistem pemerintahan berbasis elektronik atau SPBE.

Dalam hal ini PEPI melakukan launching Aplikasi SATU PEPI yang merupakan digitalisasi sistem monitoring pengelolaan dokumen tata usaha secara online yang berisikan Layanan Dokumen Administrasi Tata Usaha pada subbagian umum. Satu PEPI merupakan aplikasi Aksi Perubahan yang dikonsep langsung oleh Kepala Sub Bagian Umum PEPI, Irwanto.

Direktur PEPI Serpong, Muharfiza menyambut baik dan mengapresiasi inovasi dari jajarannya melalui aplikasi Satu PEPI, untuk meningkatkan etos kerja dan kinerja dari Unit Pelaksana Teknis [UPT] Pendidikan dari Kementan tersebut.

Kasubag Umum PEPI, Irwanto mengatakan aplikasi Satu PEPI mendukung program SPBE. Konsep aplikasi adalah arsip berbasis online sebagaimana pekerjaan yang telah di maping pada masing-masing bagian dapat terdokumentasi secara digital di dalam Satu PEPI.
“Di sisi lain melalui Satu PEPI ini memudahkan kami para pimpinan untuk dapat me-monitoring secara langsung aktifitas kinerja dari para staf sehingga semua pekerjaan yang dilakukan terkontrol secara efektif. Dengan fitur-fitur yang ada, kita dapat mengavaluasi secara langsung kekurangan-kekurangan yang ada,” jelas Irwanto.

Kelebihan aplikasi, katanya, salah satunya dapat diakses dengan mudah kapanpun dan dimanapun termasuk melalui smartphone.

Kepala Bagian Umum BPPSDMP, Purnadi mengatakan harapannya, setelah launching aplikasi tersebut dapat dipergunakan sebagaimana mestinya dan juga dapat ditiru oleh UPT dari BPPSDMP Kementan.

“Ini merupakan inovasi tuntutan masa depan, khususnya sesuai Grand Desain Reformasi Birokrasi tahun 2025, untuk mendukung pemerintahan berbasis elektronik atau SPBE. Artinya hal ini perlu komitmen dalam penerapannya baik dari pimpinan maupun staf,” katanya. 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *